SELAMAT DATANG DI DUNIA LUAR BIASA

Minggu, 04 November 2012

Pendidikan Luar Biasa


PENDIDIKAN LUAR BIASA
Ada berbagai peristilahan yang sama maknanya dengan Pendidikan Luar Biasa yaitu pendidikan khusus (Special Education), orthopaedagogik. Istilah yang banyak digunakan di Indonesia adalah Pendidikan Luar Biasa. Ortopedagogik merupakan suatu ilmu yang mandiri keberadaanya masih dipertanyakan, namun demikian sebagai suatu ilmu ortopedagogik sebenarnya telah memenui persyaratan baik secara ontology, epistemology, maupun aksiologisnya. Secara struktur ilmu ortopedagogik mempunyai objek formal anak-anak berkelainan, sedangkan objek materialnya adalah pendidikan, sedangkan metode tidak berbeda dengan metode-metode pengembangan ilmu-ilmu sosial lainya, sedangan keterkaitannya dengan ilmu-ilmu lain sangat luas seperti pada medis, psychology, sociology, hukum dan sebagainya. PLB pada dasarnya tidak berbeda dengan pendidikan pada umumnya, hal ini dapat dilihat bila kita menelusuri tujuan pendidikan nasional adalah sama (lihat GBHN).
Kecenderungan di Indonesia PLB terpisah dengan pendidikan umum. Berangkat dari adanya anak berkelainan yang dipandang secara holistik yaitu manusia seutuhnya tidak terpotong-potong (total person) maka tidak akan nada perbedaan-perbedaan yang memisahkan antara orang satu dengan orang lain, tetapi justru persamaanlah yang ada. Berdasar dari uraian-uraian tersebut maka dapatlah dikatakan bahwa tujuan PLB adalah sama dengan tujuan pendidikan pada umumnya, sedangkan yang berbeda adalah pembelajaran untuk anak-anak berkelainan perlu dirancang secara khusus hingga sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan anak dan dapat untuk mengembangkan potensinya.
(Sumber : Amin,M dan Entang M.1984.Pedoman Bimbingan Penyuluhan Anak Luar Biasa.Jakarta:Dikguitentis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar