PENDIDIKAN LUAR BIASA
Ada berbagai
peristilahan yang sama maknanya dengan Pendidikan Luar Biasa yaitu pendidikan
khusus (Special Education), orthopaedagogik. Istilah yang banyak digunakan di
Indonesia adalah Pendidikan Luar Biasa. Ortopedagogik merupakan suatu ilmu yang
mandiri keberadaanya masih dipertanyakan, namun demikian sebagai suatu ilmu
ortopedagogik sebenarnya telah memenui persyaratan baik secara ontology,
epistemology, maupun aksiologisnya. Secara struktur ilmu
ortopedagogik mempunyai objek formal anak-anak berkelainan, sedangkan objek
materialnya adalah pendidikan, sedangkan metode tidak berbeda dengan
metode-metode pengembangan ilmu-ilmu sosial lainya, sedangan keterkaitannya
dengan ilmu-ilmu lain sangat luas seperti pada medis, psychology, sociology,
hukum dan sebagainya. PLB pada dasarnya tidak berbeda dengan pendidikan pada
umumnya, hal ini dapat dilihat bila kita menelusuri tujuan pendidikan nasional
adalah sama (lihat GBHN).
Kecenderungan di
Indonesia PLB terpisah dengan pendidikan umum. Berangkat dari adanya anak
berkelainan yang dipandang secara holistik yaitu manusia seutuhnya tidak
terpotong-potong (total person) maka tidak akan nada perbedaan-perbedaan yang
memisahkan antara orang satu dengan orang lain, tetapi justru persamaanlah yang
ada. Berdasar dari uraian-uraian tersebut maka dapatlah dikatakan bahwa tujuan PLB adalah
sama dengan tujuan pendidikan pada umumnya, sedangkan yang berbeda adalah
pembelajaran untuk anak-anak berkelainan perlu dirancang secara khusus hingga
sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan anak dan dapat untuk mengembangkan
potensinya.
(Sumber : Amin,M dan Entang
M.1984.Pedoman Bimbingan Penyuluhan Anak
Luar Biasa.Jakarta:Dikguitentis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar