PENEMPATAN DAN DIAGNOSIS
Layanan
penanganan pendidikan bagi anak-anak berkelainan dimulai dari identifikasi
kondisi anak berkelainan, semakin dini dapat terdeteksi kelainan akan semakin
baik dalam program dan hasil layanan yang diharapkan. Langkah awal penanganan
adalah identifikasi atau sering dikenal dengan istilah penjaringan, pada langkah ini anak-anak masih berada di masyarakat
(keluarga, sekolah umum) adapun tempat-tempat yang dipandang penting dalam
tahap penjaringan ini peran orangtua dan guru serta mungkin petugas sosial
sangat penting untuk mengidentifikasikan keadaan anak. Setelah ditemukan
kondisi anak yang dipandang berkelainan maka langkah selanjutnya adalah tahap
penetapan jenis kelainan yang akan dilakukan oleh sebuah team work, setelah diketahui
jenis kelainannya maka diadakan diagnosis untuk perencanaan layanan dan
penempatan anak dalam lembaga pendidikan yang sesuai.
(Sumber :
Sutjihati T.Somantri.1985.Identifikasi
Anak Luar Biasa.Jakarta:Dikdasmen)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar