SELAMAT DATANG DI DUNIA LUAR BIASA

Rabu, 10 Oktober 2012

PENGERTIAN ANAK BERKELAINAN


Banyak istilah yang digunakan untuk menunjukkan keadaan anak berkelainan, seperti anak luar biasa, anak menyimpang, dan bahkan ada yang menggunakan  istilah anak cacat. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam menjelaskan anak berkelainan, anak berkelainan pada dasarnya tidak berbeda dengan anak-anak normal lainnya bila dipandang secara holistic (manusia seutuhnya). Dikatakan  berkelainan dikarenakan adanya sesuatu hal yang merupakan kondisi pada anak menyimpang dari keadaan normal. Seorang anak dikatakan berkelainan dalam kontek pendidikan akan berbeda dengan berkelainan bila dipandang dari sudut pandang disiplin lain seperti anak albino bila dipandang dari sudut biologis dia akan masuk pada kelompok berkelainan, namun dari sudut pendidikan dia tidak mempunyai masalah berarti, dia berkelainan biologis tatapi tidak memerlukan pendidikan khusus. Dari segi sosial misalnya anak yang memiliki 3 buah jari dikategorikan anak berkelainan (cacat)  tetapi dari segi pendidikan ternyata anak tersebut tidak memerlukan pengkhususan dalam layanan pendidikan. Ada suatu kerancuan dalam pengertian anak berkelainan, bila kita buka dokumen resmi Negara yaitu UUSPN Th 1989 dan PP No.72 tahun 1991 ada sesuatu yang tidak atau kurang nyambung sehingga ada kelompok anak berkelainan yang ada di UUSPN tetapi tidak masukpada PP 72, sehingga pengertian anak berkelainan pada dokumen-dokumen tersebut identik dengan anak cacat bukan anak berkelainan secara keseluruhan. Jadi anak berkelainan adalah anak yang mempunyai penyimpangan baik intraindividu maupun interindividu sedemikian rupa sehingga tidak mampu mengikuti proses pembelajaran secara normal, untuk mengembangkan potensinya secara optimal diperlukan layanan pendidikan khusus.

(Sumber: Kartadinata,Sunaryo,dkk.1993.Karakteristik dan Kebutuhan Anak-anak Luar Biasa.Bandung:IKIP BANDUNG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar